Header Ads

Layanan Ruang Baca Publik di Area Publik

Sahabat Semesta Jurgen Habermas dalam bukunya yang berjudul The Structural Transformation of The Public Sphere mendefiniskan “public sphere” sebagai ruang nasional yang menyediakan sedikit banyak kebebasan dan arena keterbukaan atau juga forum untuk debat publik.

Salah satu bentuk ruang publik untuk meningkatkan minat baca masyarakat adalah dengan mendirikan dan mengembangkan taman baca di area publik. Tentu taman baca ruang publik menjadi akses gratis, ajang berkumpul, penyampaian, ruang itu bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Dengan adanya kegiatan, aktifitas, dan pengembangan taman baca area publik diharapkan nantinya dapat mewujudkan dan menjadikan masyarakat gemar belajar (learning society) dengan salah satu indikatornya berupa masyarakat gemar membaca (reading society).

Melalui taman baca area publik sebagai sebuah pelayanan publik, bahwa kita membutuhkan nutrisi wawasan keilmuan, membudayakan gembar mambaca, dan budaya literasi.

Fungsi Ruang Baca Publik
1. Edukasi; merupakan proses pendidikan sebagai wadah belajar khalayak luas yakni masyarakat umum.

2. Informasi dan Komunikasi; Ruang yang memberikan beragam informasi yang dibutuhkan masyarakat dan menjadi ajang pola komunikasi antara pihak pengelola ruang baca dengan masyarakat. Begitupun pihak pemerinta, swasta, publik, dan masyarakat umum yang berkepentingan untuk kemajuan peradaban dan berkebudayaan.

3. Wisata publik; yakni menjadi tempat rekreasi bagi keluarga. Tentunya rekreasi pengetahuan dan memberikan beragam wawasan yang disediakan oleh ruang baca di area publik.

4. Ruang Budaya; Ruang baca menjadi sebuah kebutuhan sehingga menciptakan kultur berbudaya, sebagaimana dicanangkan melalui program Gerakan Indonesia Membaca.


‪#‎GerakanIndonesiaMembaca‬ | Jentera Semesta

Tidak ada komentar

Video

Video