Header Ads

Mendidik Mentalitas Keberanian Anak Mengikuti Lomba

Hari ini sabtu, 19 Maret 2016 mengantar anak semesta mengikuti perlombaan di Sekolahan Al-Mawaddah Seruni Kota Semarang. Ada beragam jenis lomba yang diperlombakan dari tingkat pra sekolah hingga untuk sekolah dasar.

Pada dasarnya perlombaan berbeda dengan pertandingan. Kalau perlombaan ada yang menang dan kalah, sedangkan pertandingan bisa kalah, menang, maupun seri atau sama.

Maka sesungguhnya menang dan kalah soal tujuan akhir. Namun bagi anak, bagaimana kita melatih mentalitas berlomba. Selain sebelumnya diberikan ilmu ataupun keterampilan yang hendak dilombakan.

Karena mentalitas terutama keberanian berlomba sangat penting bagi anak. Belum tentu jika seorang anak memiliki kemampuan, juga memiliki mentalitas menghadapi perlombaan.

Maka mentalitas perlu dipersiapkan dan selalu berproses untuk mencoba beragam lomba dan tempat ataupun wilayah di mana ia akan mengikuti perlombaan.

Selanjutnya mentalitas juara sangat perlu ditanamkan, ya dipupuk sejak usia dini. Sebab masa anak merupakan masa keemasan yang memiliki bakat dan kemampuan luar biasa.

Anak-anak semesta luar biasa, tetaplah semangat dan tersenyumlah.


Bagaimana Mendidik Mentalital Keberanian Mengikuti Lomba?
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa hal yang perlu ditekankan yakni:

1. Persiapkan skill/kemampuan bidang yang akan dilombakan. Selalu dievaluisi batas kemampuan si anak di lomba yang akan diikuti.

2. Selalu diberikan motivasi dan dorongan semangat. Jangan sampai menjatuhkan mentalnya sebelum lomba, atau bahkan jangan sampai kita memberikan rasa takut. Ucapkan kata-kata yang baik, supaya anak tetap memiliki semangat berlomba.

3. Ajak anak untuk merasakan kesegaran dirinya, maksudnya supaya ia memiliki kepekaan dan relaksasi sebelum berlomba. Dengan memberikan stimulus hiburan.

4. Berikan tawaran hadiah atau reward, supaya anak memiliki mentalitas keberanian.

5. Seringlah si anak diikutkan beragam perlombaan. Keikutsertaan di perlombaan, tidak hanya di sekolahannya, tapi bisa cari info dimanapun berada. Karena dengan beda wilayah, si anak akan tahu bahwa dirinya dikelilingi banyak orang yang berbeda-beda.

6. Latih si anak memiliki sikap kemandirian. Kemandirian disini terkait dengan keberaniannya dan kepercayaan diri mengikuti lomba tanpa harus dekat dengan guru ataupun orang tua. Cukup diluar dan dilihat saja perkembangannya.


#SekolahSemesta | Jentera Semesta

Tidak ada komentar

Video

Video