Header Ads

Elemen Buruh Memenangkan Pemilu RT di Kampung Semesta

Humaidi Ketua RT terpilih memberikan sambutan dan harapannya kepada warga Banjardowo Rt 2 Rw 6 Genuk Semarang

ADA yang menarik dan patut menjadi pelajaran bagi masyarakat di Kampung Semesta Banjardowo Rt 2 Rw 6 Genuk Kota Semarang yakni adanya pemilihan ketua Rukun Tetangga (RT). Sebuah pelajaran demokrasi berupa pemilihan umum yang patut diberikan aspresiasi oleh sebab pemilihan dilakukan seluruh masyarakat yang sudah memiliki identitas kependudukan berupa KTP, Minggu (4/9).

Pemilihan secara umum ini baru pertama kali dilaksanakan oleh warga, masyarakat mencoba memperaktekan langsung proses demokrasi. Sehingga semarak demokarsi di Banjardowo ini terkesan mengalahkan pemilihan umum kepala daerah. Semua masyarakat baik ibu-ibu, bapak-bapak, remaja, dan anak-anak turut memeriahkan pemilihan ketua RT. Kemeriahan pemilihan umum ketua RT ini tidak terlepas dari peran panitia yang memberikan doorprize kepada setiap pemilih yang memberikan suaranya. Di mana sebelumnya juga terjadi pemilihan Ketua Takmir Masjid Iktikaf Ar-Rosyid.

Pemilihan umum diikuti tiga kandidat, dan incumbent atau ketua RT yang masih menjabat tidak diperkenankan untuk mencalonkan diri. Tiga kandidat tersebut mewakili tiga elemen yakni Supriyadi elemen birokrasi, Rohmani dari kalangan masyarakat ekonomi karena ia seorang pengusaha, dan Humaidi mewakili masyarakat buruh.

Tingkat partisipasi masyarakat mencapai sembilan puluh persen lebih, sisanya tidak dapat menggunakan hak suaranya karena tidak dapat dipungkiri kampung semesta masyarakatnya tergolong kaum buruh sehingga mereka tidak dapat menggunakan haknya karena bekerja.

Hasil penghitungan suara, elemen masyarakat buruh yang diwakili Humaidi mengalahkan dua kandidat RT dengan memperoleh 38 suara, disusul Rohmani memperoleh 31 suara, dan Supriyadi mendapatkan 17 suara.

“Kesuksesan pemilihan RT tidak terlepas dari peran panitia, kesuksesan tersebut tentunya memiliki startegi seperti pemasangan baliho pasangan calon RT sebelum proses pemilihan, pemberian doorprize dan makan bersama setelah penghitungan suara,” tutur Muslimin Ketua RT Banjardowo Rt 2 Rw 6

Dalam sambutannya ketua RT terpilih Humaidi mengatakan, bawasanya kesuksesan suatu kampung tidak terlepas dari warganya. Maka ia berharap terjalin komunikasi antara pengurus dengan warga dan tentunya saling mendukung program yang dicanangkan. (Terase/JS)

Tidak ada komentar

Video

Video