Header Ads

Menerbitkan Buku Hanya Butuh Dana 20 Ribu

PADA era yang penuh dengan kemudahan salah satunya hadirnya teknologi percetakan. Teknologi percetakan baik percetakan offset maupun foto copy atau print laser dapat memudahkan untuk menerbitkan atau mendokumentasikan karya tulis yang kita miliki.

Dengan teknologi percetakan itulah yang dapat memudahkan kita mendokumentasikannya karya kita menjadi buku. Baik buku dengan model blanding maupun cahit, soft cover maupun hard cover.

Hal inilah yang mendasari untuk mereka yang memutuskan dirinya untuk menerbitkan bukunya sendiri secara mandiri. Yakni menerbitkannya dengan cara penerbitan indie atau self publishing. Dengan mencetak atau menerbitkan karya sendiri dan dapat dipromosikan sendiri serta keuntungan juga untuk diri sendiri.

Karena dengan self publishing pesanan atau mencetak buku itu sesuai dengan kebutuhan, bisa hanya mencetak satu exsplempar buku maupun lebih dengan cara cetak sistem cetak Print on Demand (PoD) atau mencetak berdasakan kebutuhan dan pemesanan buku yang dikehendaki oleh pemesan buku.

Tentu menerbitkan buku karya semacam ini menggunakan sistem PoD semua berdasarkan kemampuan penjual sekaligus pemilik karya buku tersebut. Ia bisa mempromosikan bukunya lewat website, blog, jejaring sosial, BBM, WA, Line, Instagram maupun jejaring sosial lain.

Bagaimana menerbitkan buku hanya dengan modal Rp. 20.000,-. Pada kali ini akan dijelaskan bagaimana cara menerbitkan buku dengan modal yang ringan.

Berikut ini tips dan cara mudahnya:
1. Siapkan naskah buku.
2. Anda harus bisa membuat desain cover dan layout buku sendiri. Bisa memakai softwere Corel Draw maupun InDesign. Dan bahkan bisa memakai Microsoft Word, maupun softwere lainnya yang mendukung.
3. Ubah hasil desain layout buku ke bentuk PDF
4. Lalu terakhir setorkan hasil desain buku (file PDF) ke percetakan. Cari tempat foto copy/print laser atau percetakan yang murah.

Mengapa dengan Rp. 20.000,- bisa menerbitkan buku. Jika kita bisa tips diatas, kita dapat menghitungnya secara matematis, penghitungan ini berdasar percetakan jumlah halaman dan bentuk desain cover buku ingin dibuat soft cover atau hard cover.

Berikut cara sederhana menghitung cetak foto copy buku kita:
1. Cetak Cover, print dan cetak itu menghabiskan sekitar Rp. 5.000,- sampai Rp. 10.000,-. Ini sesuai tempat jasa percetakannya. Cari yang murah. Cover buku ini sudah model doob gllosy.
2. Cetak file buku. Semisal satu lembar harganya Rp. 300,- (dengan ukuran A4), maka untuk buku ukuran (A5) menjadi Rp. 150,-. Jika buku kita berjumlah 100 halaman. Maka untuk cetak buku tanpa cover dan blanding adalah Rp. 150 x 50= Rp. 7.500

Jadi total untuk buku berjumlah 100 halaman. Anda hanya menghabiskan uang Rp. 7.500 + Rp. 7.000= Rp. 14.500.

Dan ternyata mencetak 1 buku dengan ketebalan 100 halaman hanya menghabiskan Rp. 14.500,-, dan tidak sampai menghabiskan Rp. 20.000,-.

Tentu ini tanpa fasilitas ISBN, dan semuanya kita desain buku kita sendiri. Selamat mencoba, berkreasi dan saatnya hasilkan karya kita menjadi buku. (Lukni/Jentera Semesta)

Tidak ada komentar

Video

Video