Header Ads

Tugu Patung 3 Putri Jepara Berbiyaya 2,5 M, 2 Minggu Diresmikan Sudah Retak

Foto: Tugu Patung Tiga Putri (Rama Dinta)
Salam 2,5 M. Didid Endro S atau yang biasa dikenal di Facebook Rama Dinta mengawali salamnya. Lalu ia menuturkan, dua minggu diresmikan sudah retak. Bangunan yang menelan uang akyat milyaran rupiah ini baru saja diresmikan beberapa hari lalu kini sudah pecah, ada apakah?

Mari sikapi bersama tentang pecahnya bangunan patung tiga putri di bundaran Ngabul-Jepara yg baru diresmikan tanggal 22 Desember 2016 lalu, (Kamis, 5/1/2017)

Retaknya beberapa beton penopang patung 3 perempuan jepara......yang menyebabkan tidak berfungsinya dan kwalitas bangunan tersebut dapat dinyatakan sebagai kegagalan bangunan.

Menurut Bab I Pasal 1 ayat (6) Undang-undang Jasa Konstruksi Nomor 18 tahun 1999 yang dimaksud dengan kegagalan bangunan adalah keadaan bangunan, yang setelah diserahterimakan oleh penyedia jasa kepada pengguna jasa, menjadi tidak berfungsi baik sebagian atau secara keseluruhan dan/atau tidak sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam kontrak kerja konstruksi atau pemanfaatannya yang menyimpang sebagai akibat kesalahan penyedia jasa dan/atau pengguna jasa. Undang-undang Jasa Konstruksi (UUJK) menegaskan bahwa tanggungjawab pihak yang terlibat dalam suatu kegiatan konstruksi bukan hanya dalam rentang waktu pelaksanaan, tetapi berlaku juga setelah serah terima akhir pekerjaan. Pada Pasal 25 ayat 2 UUJK menyatakan bahwa kegagalan bangunan yang menjadi tanggung jawab penyedia jasa ditentukan terhitung sejak penyerahan akhir pekerjaan konstruksi dan paling lama 10 (sepuluh) tahun. Penyedia jasa menurut Pasal 16 ayat 1 terdiri dari perencana, pelaksana dan pengawas konstruksi.....

Saya berharap kasus ini diusut tuntas.. Karena, apapun alasannya uang melyaran rupiah tersebut adalah bersumber dari seluruh rakyat.. Sehingga bangunan yg adapun harus bisa dinikmati rakyatnya. Selain itu, perlu juga adanya kajian mendalam terkait pertanggungjawaban bahwa patung Ratu Shima dibuat atas dasar hasil meditasi. 
Ini penting agar tdk terjadi penyesatan.


"Setiap sore banyak masyarakat yg berbondong bondong datang melihat patung tersebut.. Betapa menyakitkannya jika ternyata patung yg mereka saksikan hanya hasil meditasi spiritual," ujarnya

Saya sudah mengingatkan lewat puisi ADIPURA dan TIGA PUTRI 
Lantas, siapa yang K.. O.. R.. U.. P...?
Foto: Tugu Patung Tiga Putri (Rama Dinta)

Adipura dan Tiga Putri

Selarik luka 
Memerah pada ruang 
Tak terukur seberapa dalamnya 
Siapa berulah di bundaran
Adipura tergusur roboh terjungkal 
Bercucuran keringat jepara 
Tersengal nafas berkejaran 
Menangkapi tulang belulang 
Berserakan di pintu pintu gerbang 
Di pinggir jalan dan selokan 
Adipura roboh terjungkal
Berganti wajah lepas dari akal 
Patung tiga putri 
Satu ganjalan membuang arti 
Kartini sang pahlawan emansipasi 
Kalinyamat catatan sejarah harus diingat 
Ratu shima di mana kau berada 
Wajah tanpa rupa tangkapan metafisika
Bagaimana bisa terlogika 
Tanpa wujud yang bisa terbaca 
Selarik luka makin menganga 
Bundaran ngabul menyimpan cerita 
Kepentingan proyek berkedok budaya 
Berjuta mata terkelabuhi 
Tak satupun hati hendak mengkaji
Hasil meditasi diamini 
Adipura tak lagi punya arti 
Kerja keras dan perjuangan tersakiti
Demi gengsi dan ambisi

Jepara, agustus2016 
Didid Endro S.

Tidak ada komentar

Video

Video